RSS

Indonesia-ku malang karena Budi (ga jadi) bermain bola

"Bom guncang Jakarta","Bom diracik di Kamar 1808","Teror bom Kembali muncul"....ya itulah Headline yang banyak menghiasi surat kabar dan berita di Televisi akhir-akhir bulan Juli 2009 ini.Betapa terhenyaknya kita ketika mendengar hotel JW marriot kembali luluh lantak akibat bom yang terjadi sekitar pukul 07.45 WIB yang disusul hotel Ritz Carlton 2 menit setelahnya. Akibat peristiwa naas ini,dikabarkan 9 orang telah meninggal dunia dan puluhan korban lainnmya sedang mendapat perawatan.


Entah siapa pelakunya,entah apa motifnya, entah apa tujuannya masih menjadi misteri karena sampai sekarang ini polisi masih berusah untuk mengungkapnya. Yang jelas siapa pun pelakunya,kita semua sungguh sangat mengutuk tindakan bom bunuh diri ini.
Siapa yang bisa menyangka ini bisa terjadi. Indonesia ,yang saat ini sedang membangun ekonominya, membangun kepercayaan Internasional terhadap keindahan pariwisatanya yang masih banyak belum diexposed,kembali diuji oleh Sang Maha Kuasa (semoga ini bukan hukuman dan memang ujian yang bisa membuat bangsa kita menjadi bangsa yang lebih kuat.....AMIN...)

Sungguh banyak dampak buruk dari peristiwa bom ini,harga saham terancam turun,adanya ancaman eksodus dari para wisatawan asing,travel warning yang diterbitkan oleh beberapa negara kepada Indonesia yang akhirnya membuat Indonesia harus bekerja ekstra untuk membuatnya kembali stabil.tapi satu hal yang sangat saya sesalkan adalah batalnya Budi bermain bola (salah satu iklan yang sering muncul menjelang kedatangan ManU....hehehehehe) kedatangan Manchester United ke Indonesia untuk melawan "indonesia All Star",suatu kempatan yang sangat sangat langka sekali (agak lebay sih...tapi kenyataan lho...). Ketika mendengar berita buruk ini bak mendengar suara petir di siang bolong (lebay lagi....) dan saya masih ga percaya dan seolah-olah ini mimpi-mimpi buruk yang tak kunjung selesai (aduh....lebay lagi nih).









Betapa terkutuknya pelaku bom ini,gara-gara nya banyak masyarakat Indonesia yang merasa kecewa terhadap batalnya kedatangan Man U ini dan merasa kecewa juga terhadap keamanan di Indonesia makanya wajar bila Man U melakukan pembatalan ini,ditambah lagi ketika presiden SBY mengatakan dalam pidatonya kalau dia (baca : SBY) menjadi sasaran tembak dari teroris.Sungguh sangat miris mendengarnya.Apakah di balik Indonesia yang kita rasa adem ayem,ada pihak-pihak yang ingin menghancurkan kesatuan Negara kita Indonesia.

Tapi inilah kenyataan pahit yang kita alami bahwa pada tanggal 17 Juli 2009 telah terjadi pemboman ndi 2 hotel,JW Marriott dan Ritz Carlton,kenyataan pahit juga bahwa Man U membatalkan kunjungannya ke Indonesia.

Dengan adanya peristiwa ini kita harus mengambil hikmahnya,kalau bencana datang kita tidak hanya berlarut-larut dalam kesedihan tetapi kita harus lebih proaktif menjaga keamanan negara kita ini....dan kita harapkan ini adalah "teror terakhir" yang tidak akan pernah terjadi lagi...AMIN....

dan katakan pada dunia kalau "KITA TIDAK TAKUT".



Rekomendasi dorama jepang "deserve to watch it"

Satu lagi hobi saya yang berhubungan dengan Jepang adalah koleksi dan nonton dorama Jepang (lebih bagus dari kamen rider yang saya juga pernah bikin postingannya karena dorama lebih manusiawi.....ya iyalah ya..) ,hobi ini baru muncul ketika saya tahun pertama di FK yaitu ketika senior sekaligus kakak mentor saya memperkenalkan sebuah drama yang berjudul "One litre of tear" yang sangat mengharukan dan inspiratif.Kakak senior saya itu bilang dari 10 orang temannya yang nonton ini,9 orang di antaranya menangis dan setelah nonton dorama ini, saya juga termasuk ke dalam 9 orang itu. Dari sinilah saya mulai mencari judul-judul lain dengan genre yang berbeda,ternyata semakin saya nonton,semakin saya menyukainya karena apapun doramanya pasti mengandung suatu pelajaran yang kadang-kadang dalam kesehariaan kita lupa menerapkannya.

Dorama Jepang ini hampir mirip dengan sinetron Indonesia walaupun kualitas cerita berbeda,episodenya pun palingan 12 episode kira-kira selama 3 bulan,jadi 1 dorama untuk satu musim.

Berikut ini rekomendasi dorama Jepang bdsrkan yang pernah saya tonton dan saya pikir tidak ada salahnya untuk teman2 coba karena ga bakal menyesal lah

1.Ichi Rottoru no Namida (one litre of tear)
genre : School, romance, family, human

Drama yang pertama kali saya tonton ini merupakan kisah nyata yang dibuat doramanya,Aya yang berusia 15 tahun yang menghidap penyakit spinocerebellar ataxia dan meneruskan kehidupannya hingga berusia 25 tahun. Skrip drama ini diambil dari catatan diari Aya yang ditulis selama dia bertahan melawan penyakitnya sampai dia berhenti menulis karena tidak bisa lagi memegang pulpen.

Drama ini dimulai dengan kehidupan baru Aya sewaktu menjadi siswa SMA baru semester satu.Dalam kegembiraannya, dia mulai mengalami kesulitan secara fisik yang hanya disadari oleh ibunya. Suatu hari, dia jatuh rebah di atas lantai dan ketika itulah, penyakitnya mulai diketahui.Akibat penyakitnya ini,dia berangsur-angsur mengalami kesulitan berbicara, berjalan, menulis, makan.

Di Indonesia,dorama ini ditiru dan dibuat sinetronya dengan judul "Buku harian Nayla".



2.Nodame Cantabile
genre : Romantic Comedy

Berdasarkan komik Tomoko Ninomiya,bercerita tentang kisah romantis yang disisipi humor antara dua orang yang sangat berlawanan.

Megumi Noda, atau “Nodame” adalah seorang murid jurusan piano di Momogaoka College of Music yang sangat berbakat tapi malah dia ingin menjadi guru TK.Dia orang nya acak-acakan tidak teratur,jarang mandi,suka makan,bahkan kadang2 mencuri bekal temannya.

Shinichi Chiaki, adalah murid paling top di Momogaoka,dilahirkan di keluarga pemusik,sangat berbakat dalam piano dan biola,tapi dia punya ambisi rahasia untuk menjadi condutor. Orangnya bersih,rapi,tapi punya phobia takut naik pesawat karena trauma masa kecil.

Mereka tidak sengaja bertemu,Nodame langsung jatuh hati pada Chiaki,tapi butuh waktu buat Chiaki untuk bisa memahami kebiasaan aneh Nodame. Seiring waktu,hubungan mereka membuta mereka lebih dewasa. Yang bikin saya suka adalh bagian lucu....sumpah kocak banget..


3.My Boss My Hero
genre : School drama, comedy

Sakaki Makio, atau "Tornado" adalah siswa drop out SMA berumur 27 tahun,secara akademik dia sabgat bodoh. Ayahnya memaksa Makio untuk kembali ke SMA untuk menyelesaikan pendidikannya. Jika Makio tidak lulus,maka posisi boss yakuza tidak akan diberikan kepadanya tapi kepada adiknya,Mikio (Ayah Makio adalah seorang boss Yakuza yang sangat disegani lawannya).

Oleh karena itu,dia berpura-pura sebagai anak berusia 17 tahun dan masuk sekolah lagi. Jika identitasnya terbongkar,maka dia akan di DO dari sekolah dan tidak bisa mengantikan ayahnya sebagai boss selanjutnya,ternyata identitasnya yang selama ini dirahasiakan.............???? ya udah nonton aja doramanya biar tahu kelanjutannya.....




4.Dragon Zakura
genre : School, drama and comedy

Kenji Sakuragi adalah seorang pengacara miskin dan merupakan mantan anggota geng motor,dia berusaha mencari kesempatan untuk menaikkan karirnya,kesempatan itu datang ketika dia bekerja di Ryuuzan High School yang dikenal sebagai "baka gakkou" (sekolah bodoh). Di sana dia membuat kelas spesial dengan tujuan mempersiapkan 5 orang murid agar bisa lolos ujian Toudai(Tokyo University).
"If you want to change your life, get into Toudai!"

Selain mengungkap teknik tes untu masukl Toudai,dorama ini juga mengajarkan keessensialan kehidupan.




5.Iryu (Team Medical Dragon) I dan II
genre : Medical

Saya suka karena berhubung saya anak FK....ga tahu deh selain anak FK ada yang minat ga ya,semoga ada.
Di antara dua seri ini,Iryu I berhasil mendapatkn "Best Drama 49th Television Drama Academy Award".
Bercerita tentang seorang dokter bedah jantung yang sangat hebat Ryutaro Asada yang dimintai tolong oleh dokter Katou akira untuk mengembangkan teknik Batista (Bedah pengurangan satu atau kedua ventrikel jantung ketika mereka dilatasi).



6.Gokusen I,II,dan III
genre : Comedy, School

Bercerita tentang seorang guru,Yamaguchi Kumiko yang idealistis yang mengajar di Shirokin Gakuen dengan harapan bisa mengubah kehidupan muridnya.ternyata dia ditugaskan untuk mengajar kelas 3-D,kelas yang paling bandel,sudah banyak guru yang menjadi korban kelas ini. Namun,pada akhir ceritanya dengan kesabaran dan teknik yang diterapkan Yamaguchi Kumiko,murid kelas 3-D mulai menunjukan respek kepadanya bahkan memberikan nama panggilan Yankumi.



7.Hana Yori Dango I dan II
genre : Romance

Makino Tsukushi adalah satu-satunya murid miskin di Eitoku Gakuen,sekolah anak orang kaya yang dikuasai oleh Flower 4 atau F4 ,kelompok 4 orang anak laki-laki yang berasal dari keluarga yang sangat berkuasa.Domyoji Tsukasa, Pemimpin Domyoji World Finance Group;Hanazawa Rui,mempunyai perusahaan yang besar;Nishikado Sojiro,pewaris sekolah upacara teh;dan Mimasaka Akira,madam killer. Jika seorang murid bermasalah dengan F4,maka dia akan mendapat peringatan merah,dia akan dikerjai,dan dikelurakan dari sekolah.

Suatu hari Makino mendapat peringatn merah,dia dikerjai,tapi Makino tetap memutuskan untuk tetap melanjutkan sekolah bahkan dia menyatakan perang pada F4.

Menarik kan????makanya nonton dorama selengkapnya....

8.Nobuta wo Produce (Makeover)

genre : School drama

Kiritani Shuji sangat terkenal di sekolahan dan menjaliln hubngan baik dengan semua orang,keculai satu orang yang dia tidak tahan Kusano Akira. Bagi Shuji,Akita sangat menjengkelkan. Suatu ketika datang murid baru ke sekolahnya,Kotani Nobuko,gadis yang tidak punya kepercayaan diri dan sering dikerjai di sekolah. Shuji dan Akira membuat persetujuab untuk mengubah Nobuko menjadi gadis yang populer,tapi dengn satu syarat tidak boleh seorang pun tahu kalau mereka bekerja sama sebagai team.

Inti dorama ini adalah mengajarkan Persahabatan sejati,mantap lah pokoknya.....



Sebenarnya masih banyak koleksi dorama saya yang bagus,tapi setidaknya yang di atas adalah ANDALAN lah.........tonton ya......

de javu Judicium (=Judicium para dokter bintang lima wanna be)



Hari ini tanggal 29 Juni 2009, peristiwa itu kembali terjadi, suatu peristiwa yang ditunggu-tunggu karena pada peristiwa ini akan ditunjukkan (InsyaAllah) semua usaha dan kerja keras yang telah dilakukan selama satu tahun ini. Ya......Judiciumlah namanya atau mungkin kita lebih akrab dengan istilah "pembagian rapor" waktu SMA dulu.

Malam sebelum hari judicium ini, nada dering HP saya pun kembali berbunyi setelah saya cek di inbox, ternyata isinya adalah tentang Judicium besok,dimana tertulis "seluruh peserta diharuskan berpakaian rapi, menggunakan almamater, rambut rapi, dan diharapkan sudah berkumpul jam 7.30 pagi di depan gedung A5 (jam 7.30,suatu waktu yang tidak terlalu pagi bagi kami karena memang sehari-harinya kami masuk kuliah jam 7.00 pagi,namun entah kenapa hari itu kok terasa terlalu pagi,mungkin karena hari-hari sebelumnya libur,habis sholat shubuh trus tidur lagi.....ups buka aib sendiri). Sebenarnya, saya sangsi (ragu) terhadap jadwal karena belajar dari tahun lalu,kami juga diminta berkumpul jam 7.00 tapi acaranya baru dilaksanakan jam 9.00 "Ini dilakukan biar kalian tidak telat" dalih dari seorang dokter yang memberikan pengarahan saat itu.

Keesokan harinya pun datang,jam 7.20 berangkat ke kampus dalam keadaan perut kosong (belum sarapan) karena khawatir kalau sarapan dulu ntar terlambat karena tinggla 10 menit lagi. Namun,setibanya di kampus,terlihat teman-teman sejawat masih sedikit ynag datang dan keraguan saya malam tadi pun ternyata betul. Akhirnya coba mengisi waktu dengan berbincang bersamaa teman-teman yang sudah punya banyak unek-unek tentang agenda yang akan dilakukan selama liburan panjang 2 bulan.

Jam pun menunjukkan pukul 9.00 pagi,akhirnya kami dipanggil berkelompok untuk memasuki ruang lecture untuk menerima pengarahan. Secara keseluruhan judicium tahun kedua ini hampir sama dengan Judicium tahun pertam makanya saya bilang seolah-olah de javu, tapi yang berbeda saat itu adalah ruanganya agak penuh sesak dibanding tahun lalu karena tahun ini,kami digabung dengan mahasiswa KPBI Malaysia (tahun lalu KPBI setelah kami selesai) sehingga tidak semua mahasiswa (baca : mahasiswi) dapat tempat duduk sehingga para lelaki jantan pun rela berdiri agar para perempuan betina bisa duduk (eh....ga cocok ya kata-katanya.....habisnya ada kata lelaki jantan...ya udah lawannya perempuan betina donk, betul tidak ??(Aa gym mode : ON).

Setelah diberikan pengarahan,disebutkan "Best of Student" dan kembali seperti tahun lalu,berhasil disabet oleh Erlina Subroto atau yang lebih dikenal dengan Do (re...mi....fa...sol...la...si...). Do pun diminta untuk ke depan dan ditanya oleh dokter tentnag tips belajarnya. Saya inget bener... bener..... bener ingat kalau pertnyaan dokter kepada Do persis banget dengan pertanyaan tahun lalu (berapa lam belajr,gimana cara belajar,dan sejenisnya lah ya).Jadi, karena pertanyaanya sama dengan tahun lalu, saya bahkan bisa nebak apa yang bakal selanjutnya ditanyakan oleh dokter.

Berikutnya kami pun diminta untuk memasuki ruangan masing-masing menunggu dosen wali (kalau di SMA kita dengan dengan Wali Kelas) untuk menerima "rapor" tahun kedua kami.

Banyak rgam respons yang saya lhat dari temen-temen satelah melihat hasilnya. Ada yang gembira karena hasil usahanya selama ini terbayar sudah, ada yang kecewa karena belum bisa memenuhi targetnya. Alhamdulillah saya termasuk orang=orang yang gembira menerima hasil ini karena dengan hasil ini saya bisa membanggkan orang tua.

Tapi sebenarnya tanggung jawab kami untuk menjadi dokter yang baik lebih besar dibanding tanggung jaab untuk memperoleh hasil ini. Saya mengharapkan saya sendiri dan tentunya teman-teman semua menjadikan hasil ini sebagai cambuk agar terus lebih berusaha dengan baik untuk pasien-pasien kita nantinya.

Saya pun teringat dengan impian kami bersama yang diikrarkan saat OSPEK dulu "Menjadi dokter bintang lima" amin....
Teman-teman mari terus bersemangat,ALLAH ada di sisi kita.
Mari buktikan kalau kita layak menjadi dokter bintang lima.

Jam gadang-ku dan Big Ben "kakak beradik"



Pernah kah teman semua mendengar kata "Jam Gadang"????Jam gadang merupakan salah satu dari banyak objek wisata sekaligus sebagai "landmark" kota Bukittinggi yang terletak di propinsi Sumatra Barat (...tanah tercinta).

Kira-kira 20 menit naik mobil pelita dari rumah saya trus ganti angkot ke pasa ateh (pasar atas) sampailah kita di kompleks Jam Gadang yang selalu dipenuhi oleh pengunjung baik yang dari luar kota maupun yang dari masyarakat setempat. Di sana kita akan mudah membedakan mana pengunjung yang berasal dari luar kota dengan pengunjung yang berasal dari kota Bukittinggi dan sekitarnya. Para pengunjung dari luar kota biasanya akan menggunakan Jam Gadang sebagai background untuk gaya-gayanya yang unik yang akan diabadikan melalui kamera,sedangkan orang setempat jarang yang seperti itu mungkin karena udah keseringan ngelihatnya kali ya...

Sama juga ketika bulan Oktober 2008 lalu,waktu saya dan teman-teman dari bandung berwisata ke sana,saya tidak seperti teman lain yang sangat antusias bergaya untuk foto di depan Jam Gadang, tapi walaupun begitu,tetap....Jam Gadang ada di hati saya,Minang kebanggaan saya.

Nah berikut ini ada informasi yang saya mau bagi kepada teman semua untuk yang berminat menikmati suasana
Jam Gadang(...sambil promosi neh).

LOE TAHU GA SIH????

BUKITTINGGI punya Jam Gadang. London punya Big Ben. Nama yang hampir mirip ini ternyata bukanlah kebetulan lantaran jam di dua kota itu sama berukuran besar, dan sama terletak di sebuah menara. Tapi keduanya ternyata memang "badunsanak". Mesin jam buatan tahun 1926 itu adalah produksi dari pabrik yang sama. Dan menurut sejarah, jam besar itu dibuat pabriknya hanya dua buah saja. Satu untuk Bukittinggi, dan satu lagi buat London. Jam Gadang telah puluhan tahun menjadi ciri khas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Jam setinggi 26 meter itu berdiri kokoh di atas puncak Bukit Kandang Kabau di pusat Kota Bukittinggi. Puncak bukit tidak terlihat lagi karena tertutup beragam bentuk bangunan. Kerajaan Belanda membangun Jam Gadang pada 1926 dengan biaya sekitar 3.000 gulden. Jam ini dibuat sebagai hadiah dari ratu belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota). Dua putra pribumi, Yazid dan Sutan Gigi Ameh ditunjuk sebagai arsitek bangunan berlantai empat tersebut. Mesin jam manual yang dibuat khusus oleh Recklinghausen itu terletak di lantai atas. Pria Jerman tersebut hanya membuat dua mesin sebesar itu. Kembarannya kini terpasang di Menara Big Ben, London, Inggris. Untuk menjaga keakuratan, penjaga harus memutar roda gigi jam setiap pekan. Setiap 30 menit terdengar sekali dentang dari lonceng di atap menara. Lonceng juga berbunyi setiap kali jam bertambah.Penduduk Bukittinggi biasa menjadikan Jam Gadang sebagai panduan waktu karena dentangan loncengnya terdengar dari jarak yang jauh. Ukuran diameter dari jam ini adalah 80 cm dengan denah dasar 13x4 m sedangkan tingginya 26m. Ada keunikan dari angka-angka romawi pada jam gadang ini. Bila penulisan huruf romawi biasanya pada angka enam adalah VI, angka tujuh adalah VII, angka delapan adalah VIII, Jam Gadang ini menuliskan angka empat denga simbol IIII (umumnya sih IV).



Selama berdiri atap menara Jam Gadang telah tiga kali berubah bentuk. Di zaman penjajahan Belanda, atap itu berbentuk bulat dengan patung ayam jantan di atasnya sebagai simbol jam yang berfungsi membangunkan orang di pagi hari. Atapnya berubah seperti kelenteng ketika Jepang menduduki Indonesia sebagai lambang arsitektur Jepang. Begitu Indonesia memproklamirkan kemerdekaan, atap Jam Gadang berbentuk seperti tanduk kerbau sebagai lambang kebudayaan Minangkabau di Sumatra Barat.


Nuansa Ranah Minang itu bertahan hingga kini. Tidak banyak masyarakat yang mengetahui bagian dalam Jam Gadang karena Pemerintah Kota Bukittinggi melarang pengunjung menaiki menara. Saat ini menara Jam Gadang menjadi pos satuan pengamanan. That's all..........semoga tertarik berwisata ke Jam Gadang,Bukittingi

Beasiswa Jepang


Informasi dibawah ini saya dapatkan waktu kelas 3 SMA ketika ada kunjungan dari orang INGG (Indonesia Nihon Go Gakuin),mereka ngasih tahu kalau setiap tahun anak yang kelas 3 SMA yang lulus ujian dengan hasil yang baik bisa mengikuti ujian seleksi beasiswa Jepang. Akhirnya saya pun mencari informasi di perpustakaan dan saya menemukan buku "Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT)".

Berikut dibawah ini saya akan membagi sedikit informasi yang ada di dalam buku itu (mana tahu...temen-temen berniat kuliah di Jepang,jadi bisa nambah ilmu).

=Mari Belajar di Jepang=
Pada saat ini ada 121.812 mahasiswa asing belajar di Jepang (data tanggal 1 Mei 2005). Termasuk di antaranya 1.488 mahasiswa dari Indonesia,917 diantaranya sedang belajar di tingkat pasca sarjana.
Dari jumlah tersebut,sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa,baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa pemerintahan Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari "Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu pengetahuan dan Teknologi Jepang (monbukagakusho/MEXT)". Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup tanpa ada ikatan apapun.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaraan dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun progran=prpgran yang yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi;Program Undergraduate;Program College of Technology dan Program Special Training College bagi lulusan SLTA;dan Program Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Program Penataran Guru bagi yang aktif mengajar.

Saya berharap penjelasan berikut ini dapat menjadi bahan masukan bagi mereka yang ingin belajar di Jepang.

=Sistem Pendidikan Jepang=
Pada dasarnya sistem pendidikan Jepang mirip dengan sistem pendidikan Indonesia,yaitu 6 tahun SD, 3 tahun SLTP (SD dan SLTP wajib belajar), 3 tahun SLTA, 4 tahun Universitas. Selain universitas ada juga Junior College, College of Technology, Special Training College, dan lail-lain.

Bidang-bidang ilmu yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Jepang (hampir sama dengan Indonesia). Lama pendidikan untuk tingkat pasca sarjana di Jepang sama dengan di Indonesia, 2 tahun untuk S-2 dan 3 tahun untuk S-3. Namun untuk bidang Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Hewan setelah lulus tingkat S-1 (6 tahun) hanya melanjutkan selama 4 tahun di tingkat S-3. Ada juga professional graduate course ( 2 atau 3 tahun) yang memberi tekanan pada keahlian pekerjaan. Tahun ajaran baru dimulai setap bulan April.

Walaupun program yang disediakan banyak,berikut saya akan membahas tentang "Program Research Student"saja.

1.Program Research Student

Program ini ditujukan untuk mereka yang berminat dalam program research student di perguruan tinggi di Jepang.

Peminat pada waktu menjalani research student diperbolehkan melamar ke program degree (S-2 / S-3 / professional graduate course) atau meneruskan program S-3 setelah menyelesaikan program S-2 / professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan.

Peminat juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa mengikuti research student apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan. Beasiswa diberikan tanpa ikatan dinas, mencakup biaya kuliah dan biaya hidup.


PERSYARATAN
  1. Lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1975 (syarat tahun kelahiran berubah tiap tahun,intinya adalah usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April tahun keberangkatan)

  2. IPK minimal 3.0 baik S-1 maupun S-2 (atau nilai EJUminimal 260 dalam jumlah 2 mata ujian tidak termasuk Bahasa Jepang)

  3. Nilai TOEFL-PBT minimal 550 atau TOEFL-CBT minimal 213 atau TOEFL-IBT minimal 79 atau ekuivalen, atau nilai Japanese Language Proficiency Test minimal level 2.

  4. Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu sebelumnya.

  5. Bersedia belajar Bahasa Jepang.

  6. Sehat jasmani dan rohani.

  7. Pelamar harus membaca dan memahami lampiran keterangan secara teliti.


CARA PELAMARAN
  1. Formulir dapat diambil di Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan atau bisa download

  2. Formulir beserta dokumen yang diminta harus dibawa/ dikirim langsung ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta (bukan ke Konsulat Jenderal Jepang).

  3. Pendaftaran dibuka pada tanggal 20 April 2009 sampai dengan tanggal 22 Mei 2009 (untuk tahun 2010,jadi berbeda tiap tahun).

  4. Siapkan dokumen sesuai dengan lampiran no. 7.



TAHAP PENYELEKSIAN
  1. Kedutaan Besar Jepang melakukan seleksi dokumen, dan akan memberitahukan kepada mereka yang lolos 1 (satu) minggu sebelum ujian tertulis. (Kurang lebih 100 pelamar dipilih melalui seleksi dokumen ini.)

  2. Ujian tertulis Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris akan dilaksanakan di Jakarta, Surabaya, Medan pada awal Juli 2009. (Bahasa Inggris sebagai ujian pilihan. Nilai yang lebih tinggi akan dipakai untuk pertimbangan seleksi.)

  3. Wawancara akan diadakan di Jakarta bagi seluruh peserta ujian tertulis dari pada bulan Juli 2009 sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Kedubes Jepang (biaya transportasi dan akomodasi tidak disediakan Kedubes Jepang).

  4. Bagi yang lolos seleksi di Kedubes Jepang, akan diberikan surat keterangan sbb: 1 (satu) berkas formulir beserta dokumen yang telah diberi stamp Kedubes Jepang, surat keterangan untuk perguruan tinggi di Jepang, dan lembar “Letter of Acceptance”. Pelamar boleh memilih maksimal 3 (tiga) perguruan tinggi untuk mendapatkan izin penerimaan sebagai mahasiswa program degree atau research student, atau “Letter of Acceptance” (izin penerimaan tidak resmi) sebagai research student.

  5. Untuk mencari informasi perguruan tinggi di Jepang, silakan lihat website berikut:
    Directory Database of Research and Development atau
    Asian Students Cultural Association.

  6. Harap mengirimkan surat izin atau Letter of Acceptance dari perguruan tinggi Jepang secepat mungkin ke Kedubes Jepang.

  7. Kedubes Jepang akan merekomendasikan peserta ke MEXT.

  8. Peserta akan menjadi penerima beasiswa jika lolos seleksi di MEXT.


CATATAN

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi :
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. MH Thamrin no.24 Jakarta 10350
Telp. (021) 3192-4308 ext.175 atau 176


=Hidup di Jepang=

a.Tempat Tinggal

Banyak perguruan tinggi negeri Jepang menyediakan asrama yang murah dan baik bagi mahasiswanya. Selain asrama dari perguruan tinggi,Japan Student Services Organization (JASSO) dan lembaga lainnya juga menyediakan asrama bagi mahasiswa asing.

b.Biaya Kesehatan

Di Jepang,terdapat sistem Asuransi Kesehatan Nasional untuk mengurangi biaya pengobatan individu (anggota asuransi ini hanya dikenakan biaya 30 % dari total biaya pengobatan). Sesampainya di Jepang,seorang mahasiswa yang akan tinggal di Jepang selama 1 tahun atau lebih diharuskan untuk mengikuti program asuransi ini denagn mendaftarkan diri di Balai Kota daerahnya masing-masing.


c.Registrasi untuk Orang Asing

Dalam waktu 90 hari setelah tiba di Jepang,setiap mahasiswa harus pergi ke Balai Kota setempat untuk melakukan registrasi.

ini saya buat selain ngasih informasi juga sebagai arsip bagi saya.....suatu saat mungkin akan dicoba,


Sumber : tahun 2006












Japan = Nihon = Nippon



Alam dan Cuaca

Luas daratan Jepang 378.000 km2, yaitu satu per dua puluh lima dari luas Amerika Serikat (sedikit lebih kecil daripada Kalifornia), satu per dua puluh dari Australia, dan 1,5 kali luas Britania. (Bandingkan dengan luas daratan Indonesia : 2.027.087 km2). Tiga perempat negeri Jepang bergunung-gunung, sedangkan bagian selebihnya berbentuk dataran dan cekungan. Jepang terdiri dari rangkaian pulau-pulau yang membentang sepanjang 3000 kilometer dari utara ke selatan. Empat pulau utamanya adalah Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu.

Jepang dikelilingi laut. Arus hangat dan dingin mengalir melalui laut-laut di sekitarnya, sehingga membentuk lingkungan yang mendukung berkembangnya berbagai spesies ikan.


Sebagian besar Jepang berada dalam Zona Utara Beriklim Sedang dan beriklim monsun yang lembab, dengan angin tenggara yang bertiup dari Samudera Pasifik selama musim panas dan angin barat-laut yang bertiup dari benua Eurasia (Eropa-Asia) pada musim dingin.


Negeri Jepang mempunyai empat musim yang jelas batasnya. Dua dari pemandangan yang paling indah di Jepang adalah ketika bunga sakura bermekaran di musim semi dan dedaunan berubah menjadi warna-warni merah, jingga, dan kuning yang mempesonakan pada musim gugur. Rakyat Jepang menikmati petanda-petanda perubahan musim dan mengamati perkembangannya dengan memperhatikan laporan cuaca, yang menampilkan peta di mana sakura sedang bermekaran pada musim semi dan dedaunan musim gugur sedang indah-indahnya. Ujung utara dan selatan Jepang mempunyai iklim yang sangat berbeda. Misalnya, pada bulan Maret, orang dapat berjemur sinar matahari di wilayah selatan atau bermain ski di wilayah utara!

Kawasan Daerah


Jepang terdiri dari 47 prefektur. Berdasarkan keadaan geografis dan sejarahnya, 47 prefektur ini dapat dikelompokkan menjadi sembilan kawasan yaitu : Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, Chugoku, Shikoku, Kyushu, dan Okinawa.


Setiap kawasan ini mempunyai dialek dan adat-istiadat sendiri, serta budaya yang unik. Misalnya, kawasan Kanto yang mencakup Tokyo, dan kawasan Kansai yang mencakup Osaka, amat kontras dalam segala hal, mulai dari citarasa makanan hingga gaya seni pertunjukan tradisional, sehingga orang senang membanding-bandingkannya.


Penduduk Jepang berjumlah 127 juta orang, menduduki tempat ke-9 di dunia dalam hal jumlah penduduk terbanyak di dunia. Karena jumlah penduduknya cukup banyak dibandingkan dengan luas daratannya, maka rata-rata kepadatan penduduknya cukup tinggi yaitu 342 orang per 1 km2. Angka ini jauh lebih besar daripada Amerika Serikat (29), dan Prancis (107), dan kurang-lebih sama dengan Belgia (333).


Daerah-daerah pegunungan meliputi lebih dari 70% dari daratan Jepang, sehingga kota-kota utama berpusat di tanah datar yang luasnya tidak sampai 30% dari daratan Jepang. Kota dengan penduduk lebih dari satu juta adalah : Sapporo di Hokkaido; Sendai di kawasan Tohoku; Saitama, Tokyo, dan Yokohama di kawasan Kanto; Nagoya di kawasan Chubu; Osaka, Kyoto, dan Kobe kawasan Kinki; Hiroshima di kawasan Chugoku; dan Fukuoka di Kyushu. Kiranya tidak perlu dikatakan lagi bahwa Tokyo sebagai ibukota merupakan pusat kegiatan Jepang. Kota-kota utama lainnya berperan sebagai pusat politik, ekonomi dan kebudayaan bagi kawasan yang bersangkutan.

Bahasa


Ada tiga jenis huruf yang dipakai untuk menulis dalam bahasa Jepang. Bahasa Jepang sangat berbeda dengan bahasa China, namun huruf-huruf yang dipergunakan untuk menuliskan bahasa Jepang semula berasal dari China di mana konon dikatakan telah diciptakan ribuan tahun yang lalu. Huruf-huruf tersebut disebut kanji, bermula dari gambar benda. Dengan berlalunya waktu, gambar-gambar itu berubah, dan kebanyakan kanji tidak lagi terlihat sebagaimana bendanya semula; kini menjadi kata atau bagian dari kata. Ada sekitar 2000 kanji yang umum dipakai. Anak-anak mempelajari 1006 kanji di sekolah dasar dan 939 kanji lagi di sekolah menengah pertama.


Selain huruf kanji, orang Jepang juga menggunakan dua perangkat huruf fonetik, yaitu hiragana dan katakana, keduanya dikembangkan dari kanji. Tiap perangkat terdiri dari 46 huruf, yang merupakan suku-kata (biasanya berupa satu konsonan dan satu vokal, seperti "ka"). Dengan tambahan titik-titik khusus pada huruf tertentu, terjadi perubahan bunyi sehingga huruf-huruf ini dapat mengungkapkan semua bunyi dari bahasa Jepang modern. Hiragana dipakai bersama dengan kanji untuk menuliskan kalimat Jepang umum. Katakana dipakai untuk menuliskan kata-kata serapan dari bahasa lain, nama orang dan tempat non-Jepang, bunyi, dan suara hewan.


Ada banyak dialek lokal dalam bahasa Jepang, disebut hougen. Untuk menunjukkan benda-benda yang sama, ada berbagai kata dialek yang berbeda-beda. Juga ada macam-macam variasi dalam logat dan intonasi, serta dalam akhiran pada kata kerja dan kata sifat. Meskipun demikian, orang-orang dari berbagai daerah dapat berkomunikasi dengan mudah karena menggunakan bahasa Jepang lisan standar yang sudah diterima secara luas.

Nilai-nilai dasar Adat Minangkabau

Sebuah nilai adalah sebuah konsepsi , eksplisit atau implisit yang menjadi milik khusus seorang atau ciri khusus suatu kesatuan sosial (masyarakat) menyangkut sesuatu yang diingini bersama (karena berharga) yang mempengaruhi pemilihan sebagai cara, alat dan tujuan sebuah tindakan.
Nilai nilai dasar yang universal adalah masalah hidup yang menentukan orientasi nilai budaya suatu masyarakat, yang terdiri dari hakekat hidup, hakekat kerja, hakekat kehidupan manusia dalam ruang waktu, hakekat hubungan manusia dengan alam, dan hakekat hubungan manusia dengan manusia.

1. Pandangan Terhadap Hidup
Tujuan hidup bagi orang Minangkabau adalah untuk berbuat jasa. Kata pusaka orang Minangkabau mengatakan bahwa “hiduik bajaso, mati bapusako”. Jadi orang Minangkabau memberikan arti dan harga yang tinggi terhadap hidup. Untuk analogi terhadap alam, maka pribahasa yang dikemukakan adalah :

Gajah mati maninggakan gadieng
Harimau mati maninggakan balang
Manusia mati maninggakan namo

Dengan pengertian, bahwa orang Minangkabau itu hidupnya jangan seperti hidup hewan yang tidak memikirkan generasi selanjutnya, dengan segala yang akan ditinggalkan setelah mati. Karena itu orang Minangkabau bekerja keras untuk dapat meninggalkan, mempusakakan sesuatu bagi anak kemenakan dan masyarakatnya. Mempusakakan bukan maksudnya hanya dibidang materi saja, tetapi juga nilai-nilai adatnya. Oleh karena itu semasa hidup bukan hanya kuat mencari materi tetapi juga kuat menunjuk mengajari anak kemenakan sesuai dengan norma-norma adat yang berlaku. Ungkapan adat juga mengatakan “Pulai batingkek naiek maninggakan rueh jo buku, manusia batingkek turun maninggakan namo jo pusako”.
Dengan adanya kekayaan segala sesuatu dapat dilaksanakan, sehingga tidak mendatangkan rasa malu bagi dirinya ataupun keluarganya. Banyaknya seremonial adat seperti perkawinan dan lain-lain membutuhkan biaya. Dari itu usaha yang sungguh-sungguh dan kerja keras sangat diutamakan. Orang Minangkabau
Nilai hidup yang baik dan tinggi telah menjadi pendorong bagi orang Minangkabau untuk selalu berusaha, berprestasi, dinamis dan kreatif.

2. Pandangan Terhadap Kerja
Sejalan dengan makna hidup bagi orang Minangkabau, yaitu berjasa kepada kerabat dan masyarakatnya, kerja merupakan kegiatan yang sangat dihargai.


Kerja merupakan keharusan.Kerjalah yang dapat membuat orang sanggup meninggalkan pusaka bagi anak kemenakannya. Dengan hasil kerja dapat dihindarkan “Hilang rano dek panyakik, hilang bangso indak barameh”(hilang warna karena penyakit, hilsng bangsa karena tidak beremas). Artinya harga diri seseorang akan hilang karena miskin, oleh sebab itu bekerja keras salah satu cara untuk menghindarkannya.
Dengan adanya kekayaan segala sesuatu dapat dilaksanakan sehingga tidak mendatangkan rasa malu bagi dirinya atau keluarganya. Banyaknya seremonial adat itu seperti perkawinan membutuhkan biaya. Dari itu usaha yang sungguh-sungguh dan kerja keras sangat diutamakan. Orang Minangkabau disuruh untuk bekerja keras, sebagaimana yang diungkapkan juga oleh fatwa adat sbb:

Kayu hutan bukan andaleh
Elok dibuek ka lamari
Tahan hujan barani bapaneh
Baitu urang mancari rasaki Kayu hutan bukan andalas
Elok dibuat untuk lemari
Tahan hujan berani berpanas
Begitu orang mencari rezeki

Dari etos kerja ini, anak-anak muda yang punya tanggungjawab di kampung disuruh merantau. Mereka pergi merantau untuk mencari apa-apa yang mungkin dapat disumbangkan kepada kerabat dikampung, baik materi maupun ilmu. Misi budaya ini telah menyebabkan orang Minangkabau terkenal dirantau sebagai makhluk ekonomi ulet.
Etos kerja keras yang sudah merupakan nilai dasar bagi orang Minangkabau ditingkatkan lagi oleh pandangan ajaran Islam yang mengatakan orang harus bekerja keras seakan-akan dia hidup untuk selama-lamanya, dia harus beramal terus seakan-akan dia akan mati besok.

3. Pandangan Terhadap Waktu
Bagi orang Minangkabau waktu berharga merupakan pandangan hidup orang Minangkabau. Orang Minangkabau harus memikirkan masa depannya dan apa yang akan ditinggalkannya sesudah mati. Mereka dinasehatkan untuk selalu menggunakan waktu untuk maksud yang bermakna, sebagaimana dikatakan “Duduak marauik ranjau, tagak maninjau jarah”.
Dimensi waktu, masa lalu, masa sekarang, dan yang akan datang merupakan ruang waktu yang harus menjadi perhatian bagi orang Minangkabau. Maliek contoh ka nan sudah. Bila masa lalu tidak menggembirakan dia akan berusaha untuk memperbaikinya. Duduk meraut ranjau, tegak meninjau jarak merupakan manifestasi untuk mengisi waktu dengan sebaik-baiknya pada masa sekarang. Membangkit batang terandam merupakan refleksi dari masa lalu sebagai pedoman untuk berbuat pada masa sekarang. Sedangkan mengingat masa depan adat berfatwa “bakulimek sabalun habih, sadiokan payuang sabalun hujan”.

4. Hakekat Pandangan Terhadap Alam
Alam Minangkabau yang indah, bergunung-gunung, berlembah, berlaut dan berdanau, kaya dengan flora dan fauna telah memberi inspirasi kepada masyarakatnya. Mamangan, pepatah, petitih, ungkapan-ungkapan adatnya tidak terlepas daripada alam.
Alam mempunyai kedudukan dan pengaruh penting dalam adat Minangkabau, ternyata dari fatwa adat sendiri yang menyatakan bahwa alam hendaklah dijadikan guru.
Yang dimaksud dengan adat nan sabana adat adalah yang tidak lapuak karena hujan dan tak lekang karena panas biasanya disebut cupak usali, yaitu ketentuan-ketentuan alam atau hukum alam, atau kebenarannya yang datang dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu adat Minangkabau falsafahnya berdasarkan kepada ketentuan-ketentuan dalam alam, maka adat Minangkabau itu akan tetap ada selama alam ini ada.

5. Pandangan Terhadap Sesama
Dalam hidup bermasyarakat, orang Minangkabau menjunjung tinggi nilai egaliter atau kebersamaan. Nilai ini menyatakan mereka dengan ungkapan “Duduak samo randah, tagak samo tinggi”.
Dalam kegiatan yang menyangkut kepentingan umum sifat komunal dan kolektif mereka sangat menonjol. Mereka sangat menjunjung tinggi musyawarah dan mufakat. Hasil mufakat merupakan otoritas yang tertinggi.
Kekuasaan yang tertinggi menurut orang Minangkabau bersifat abstrak, yaitu nan bana (kebenaran). Kebenaran itu harus dicari melalui musyawarah yang dibimbing oleh alur, patut dan mungkin. Penggunaan akal sehat diperlukan oleh orang Minangkabau dan sangat menilai tinggi manusia yang menggunakan akal. Nilai-nilai yang dibawa Islam mengutamakan akal bagi orang muslim, dan Islam melengkapi penggunaan akal dengan bimbingan iman. Dengan sumber nilai yang bersifat manusiawi disempurnakan dengan nilai yang diturunkan dalam wahyu, lebih menyempurnakan kehidupan bermasyarakat orang Minangkabau.
Menurut adat pandangan terhadap seorang diri pribadi terhadap yang lainnya hendaklah sama walaupun seseorang itu mempunyai fungsi dan peranan yang saling berbeda. Walaupun berbeda saling dibutuhkan dan saling membutuhkan sehingga terdapat kebersamaan. Dikatakan dalam mamangan adat “Nan buto pahambuih lasuang, nan pakak palapeh badie, nan lumpuah paunyi rumah, nan kuek pambaok baban, nan binguang kadisuruah-suruah, nan cadiak lawan barundiang. Hanya fungsi dan peranan seseorang itu berbeda dengan yang lain, tetapi sebagai manusia setiap orang itu hendaklah dihargai karena semuanya saling isi mengisi. Saling menghargai agar terdapat keharmonisan dalam pergaulan, adat menggariskan “nan tuo dihormati, samo gadang baok bakawan, nan ketek disayangi”. Kedatangan agama Islam konsep pandangan terhadap sesama dipertegas lagi.
Nilai egaliter yang dijunjung tinggi oleh orang Minangkabau mendorong mereka untuk mempunyai harga diri yang tinggi. Nilai kolektif yang didasarkan pada struktur sosial matrilinial yang menekankan tanggungjawab yang luas seperti dari kaum sampai kemasyarakatan nagari, menyebabkan seseorang merasa malu kalau tidak berhasil menyumbangkan sesuatu kepada kerabat dan masyarakat nagarinya. Interaksi antara harga diri dan tuntutan sosial ini telah menyebabkan orang Minangkabau untuk selalu bersifat dinamis.