RSS

Hari sebelum keberangkatan ke Jepang


Aduh karena dah lama ga nulis, tiba-tiba pengen nulis lagi…お待たせしました..
Kali ini gw bakal nyeritain pengelaman gw selama setahun di jepang dari beberapa hari sbelum berangkat sampai gw ke berangkat ke jepang dan balik lagi ke Indonesia..So,bakal banyak ceritanya nih.


Sesuai dengan postingan gw yang kemarin2, gw Alhamdulillah terpilih sebagai delegasi dari kampus gw Unpad untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Universitas Tenri 天理大学 selama setahun.Nah di sini gw bakal ceritain persiapan keberangkatan gw pergi ke tanah sakura yang dah lama gw impikan itu.
Setelah pengumuman hasil seleksi bulan April 2010, yang bisa gw lakukan terlebih dahulu adalah bikin paspor. Karena gw belum pernah ke luar negri, maka ini akan jadi pengalaman pertama kali. Ga terlalu susah sih ngurusnya. Gw cek alamat tempat bikinnya di mbah google, tempat nya lumayan banyak orangnnya jadi harus nunggu beberapa jam,hari pertama cuma masukin data2 pribadi trus disuruh datang lagi beberapa hari berikutnya untuk foto dan wawancara.

Paspor selesai,berarti sekarang harus bikin visa. Tapi gw baru bisa ngurus ini bulan Agustus 2010. Bulan April, setelah hasil seleksi kelua, kita diminta untuk ngirim dokumen ke universitas tenri trus diminta tuk menunggu balasan dari tenri yang berisi “Letter of Eligibility” agar bisa ngurus visa di Kedubes Jepang. Nah, balasan ini baru nyampe bulan Juli, ga tahu kenapa lama. Karena kebetulan bulan Juli gw KKN (Kuliah Kerja Nyata), gw ga bisa ngurus bulan juli jadi baru bisa ngurus bulan Agus.

Selesai KKN bulan agus,saatnya mmepersiapkan semuanya. Pertama, gw ngurus visa ke kedubes jepang di Jakarta, Cuma butuh 3 hari untuk ngurusnya. Trus untuk persiapan gw juga harus beli oleh2 untuk teman di jepang nantinya. Gw cari di pasar baru nemu kipas dengan motif batik dan gantungan kunci angklung. Trus baru pesan tiket pesawat, gw berangkat dengan Garuda PP 8 juta rupiah (ga dapat yang promo…katanya sih kalau promo dan kalau pake penerbangan lain bisa dapet 4 juta PP). gw pesen tiket untuk berangkat tanggal 29 Agustus 2010.

Dua hari sebelum keberangakatan, gw dan temen sepermainan gw di kampus (kita mnyebut kelompok kita sbagai MAFIA) ngadain buka bareng, gw yakin juga pasti bakal ada acara perpisahan dengan gw, tapi mereka bilang Cuma bubar kok (bakal ada surprise nih). Kita mulai buku bareng setelah waktu magrib masuk, sampai jam 9 malam belum ada apa-apa (gw mikir apa buka barengnya berakhir gini aja)..eh ternyata gw dipanggil salah satu teman gw untuk ke pergi suatu tempat, tiba2 dari belakang gw dibekap, kepala gw ditutupin sama sarung, trus mata gw ditutup lagi sampai gw ga bisa liat apa2. Dengn keadaan sperti ini gw malah disuruh naik motor, lalu gw dibawa entah kemana skitaran 15 menit. Karena cukup lama di motornya, gw pikir bakal dibawa jauh..eh ternyata pas buka tutup mata, gw dibawa ke tempat yang ga jauh dari depan kosan (naik motor cuma kamuflase). Lalu gw dilingkari sama temen2 mafia gw trus dw dikagetkan dengan petasan, kemabang api, dan sharing pesan2 kayak kalau kangen Indonesia, liat aja bulan, karena bulan Indonesia dan jepang sama kok..hahaha..intinya mah pesan2 buat gw selama di sana..trus yang terakhir, gw dikasih foto gambar gw yang dibentuk dari foto2 kecil temen mafia gw…

Foto hadiah dari Mafia


Perpisahan yang ga bakal gw lupain ..THANK MY FRIEND….I will never forget all of you.^_^

Nah cerita di atas itu cerita H-2 keberangkatan. H-1 keberangkatan gw juga bakal ada ketemuan dan perpisahan sama alumni Tenri tahun2 lalu. Gw ketemuan di PVJ bandung, trus kenalan dan ngasih wejangan …senenng banget deh pokoknya karena walaupun baru pertama kali kenal udah kayak keluarga dekat aja..Tenri menyatukan kita.

0 komentar:

Posting Komentar