RSS
Tampilkan postingan dengan label CeMas (CErita dan MASa lalu). Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label CeMas (CErita dan MASa lalu). Tampilkan semua postingan

Hari keberangkatan ke Jepang


Hari ini tanggal 29 Agus 2010, gw dijadwalkan  untuk berangkat ke Jepang. Gw berangkat dari nangor pake taxi jam 10.30 ke BSM buat naik travel ke bandara Soekarno-Hatta. Gw nyampe bandara sekitar jam 14.30..gw harus nunggu sampai jam 16.30 buat check ini karena pesawt berangkat ke denpasar jam 18.30 (jadi rute gw itu : jakarata – denpasar – kansai airport). Sampai di denpasar, gw ga langsung berangkat, gw harus nunggu lagi sekitar 3 jam baru berangkat menuju Osaka jam 00.40.

Bakal lama nih perjalanan


Lama perjalanan dari denpasar ke Osaka sekitar 7 jam-an..lama juga, bisa bosan nih dipesawat. Untung fasilitas pesawatnya keren jadi ga terlalu bosan.

Ye..akhirnya gw nyampe juga di Kansai Airport, Osaka..やった. turun dari pesawat, karena bingung harus kemana, terpaksa ngikutin orang2..kita harus naik kereta buat ke tempat klaim bakasi. Pertama nyampe jepang, bener2 kagum lah…tempatnya bersih,bandaranya gede banget, malah kelihatan kayak mall ,trus suasananya jepang banget gitu.

Kansai, youkoso


Di bandara, gw di jemput sama Matsu dan Fukui sensei. Matsu itu orang jepang yang bakal jadi tutor gw selama di Jpang, kebeteluan tahun lalu di juga ikut program ini dan kuliah di bandung selama setahun. Trus fukui sensei itu orang 国際交流部 (baca: kokusai kouryuubu = bagian international exchange). Kita baru berangkat menuju tenri setelah exchange student (berikutnya gw nyebutinnya ryuugakusei) orang korea yang kuliah di china nyampe bandara. Kata fukui sensei, dia ditugaskan untuk menjeput  ryuugakusei dari Indonesia dan china.

di jemput sama Matsu, sang tutor

Selama di mobil, perasaan tu campur aduk..masih ga percaya sekarang dah di jepang dan bakal mulai hidup baru di negeri orang..alhmadulillah banget. Yang dibilang di tivi2 itu emang benar..jepang tu bersih banget, kagum banget sama kebersihan nya,sampai kagumnya gw jadi ketiduran (lho…apa hubungannya kagum sama tidur…hehehe bilang aja kecapekan selama di pesawat).

Kita diantar sampai apato (apato itu berasal dari bahasa inggris “apartement”, tapi jangan dibayangin apartementnnya Indonesia, karena apato disini kayak kosan sih tapi lebih keren dan lengkap peralatannya). Di apato ini gw bakal tinggal selama setahun. Di depan apato kita udah ditunggu sama Yumi Sensei (dosen jepang penanggung jawab ryugakusei dari Indonesia, beliau jago bahasa Indonesia lho) dan Marino (temennya Matsu yang sama2 ikut exchange di bandung). Gw diantar ke kamar gw di kamar nomor 801 di lantai 8, lantai yang paling atas dan kamar paling pojok.

Apartemen gw (8 tingkat)

Pas masuk, keren juga nih kamar, cukup luas buat satu orang trus fasilitasnya lengkap lagi. Ada mesin cuci, kulkas, dapur, kamar mandi air panas, tv, rice cooker, oven, lemari, vacuum cleaner, AC, fasilitas internet…mantap pisan lah..kebetulan gw datang ke jepangnya saat summer, maka panas banget tuh jepang. Untung di kamar ada AC.

Kamar belum diberesin

Malamnya kita makan  bareng sama yumi sensei dan bareng orang jepang lainnya yang pernah studi di Bandung (sekedar info aja..program yang gw ikutin ini udah berjalan selama 7 tahun, gw delegasi ke 7). Kenalan dulu sama yang lain…これからお世話になります。

Hari sebelum keberangkatan ke Jepang


Aduh karena dah lama ga nulis, tiba-tiba pengen nulis lagi…お待たせしました..
Kali ini gw bakal nyeritain pengelaman gw selama setahun di jepang dari beberapa hari sbelum berangkat sampai gw ke berangkat ke jepang dan balik lagi ke Indonesia..So,bakal banyak ceritanya nih.


Sesuai dengan postingan gw yang kemarin2, gw Alhamdulillah terpilih sebagai delegasi dari kampus gw Unpad untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Universitas Tenri 天理大学 selama setahun.Nah di sini gw bakal ceritain persiapan keberangkatan gw pergi ke tanah sakura yang dah lama gw impikan itu.
Setelah pengumuman hasil seleksi bulan April 2010, yang bisa gw lakukan terlebih dahulu adalah bikin paspor. Karena gw belum pernah ke luar negri, maka ini akan jadi pengalaman pertama kali. Ga terlalu susah sih ngurusnya. Gw cek alamat tempat bikinnya di mbah google, tempat nya lumayan banyak orangnnya jadi harus nunggu beberapa jam,hari pertama cuma masukin data2 pribadi trus disuruh datang lagi beberapa hari berikutnya untuk foto dan wawancara.

Paspor selesai,berarti sekarang harus bikin visa. Tapi gw baru bisa ngurus ini bulan Agustus 2010. Bulan April, setelah hasil seleksi kelua, kita diminta untuk ngirim dokumen ke universitas tenri trus diminta tuk menunggu balasan dari tenri yang berisi “Letter of Eligibility” agar bisa ngurus visa di Kedubes Jepang. Nah, balasan ini baru nyampe bulan Juli, ga tahu kenapa lama. Karena kebetulan bulan Juli gw KKN (Kuliah Kerja Nyata), gw ga bisa ngurus bulan juli jadi baru bisa ngurus bulan Agus.

Selesai KKN bulan agus,saatnya mmepersiapkan semuanya. Pertama, gw ngurus visa ke kedubes jepang di Jakarta, Cuma butuh 3 hari untuk ngurusnya. Trus untuk persiapan gw juga harus beli oleh2 untuk teman di jepang nantinya. Gw cari di pasar baru nemu kipas dengan motif batik dan gantungan kunci angklung. Trus baru pesan tiket pesawat, gw berangkat dengan Garuda PP 8 juta rupiah (ga dapat yang promo…katanya sih kalau promo dan kalau pake penerbangan lain bisa dapet 4 juta PP). gw pesen tiket untuk berangkat tanggal 29 Agustus 2010.

Dua hari sebelum keberangakatan, gw dan temen sepermainan gw di kampus (kita mnyebut kelompok kita sbagai MAFIA) ngadain buka bareng, gw yakin juga pasti bakal ada acara perpisahan dengan gw, tapi mereka bilang Cuma bubar kok (bakal ada surprise nih). Kita mulai buku bareng setelah waktu magrib masuk, sampai jam 9 malam belum ada apa-apa (gw mikir apa buka barengnya berakhir gini aja)..eh ternyata gw dipanggil salah satu teman gw untuk ke pergi suatu tempat, tiba2 dari belakang gw dibekap, kepala gw ditutupin sama sarung, trus mata gw ditutup lagi sampai gw ga bisa liat apa2. Dengn keadaan sperti ini gw malah disuruh naik motor, lalu gw dibawa entah kemana skitaran 15 menit. Karena cukup lama di motornya, gw pikir bakal dibawa jauh..eh ternyata pas buka tutup mata, gw dibawa ke tempat yang ga jauh dari depan kosan (naik motor cuma kamuflase). Lalu gw dilingkari sama temen2 mafia gw trus dw dikagetkan dengan petasan, kemabang api, dan sharing pesan2 kayak kalau kangen Indonesia, liat aja bulan, karena bulan Indonesia dan jepang sama kok..hahaha..intinya mah pesan2 buat gw selama di sana..trus yang terakhir, gw dikasih foto gambar gw yang dibentuk dari foto2 kecil temen mafia gw…

Foto hadiah dari Mafia


Perpisahan yang ga bakal gw lupain ..THANK MY FRIEND….I will never forget all of you.^_^

Nah cerita di atas itu cerita H-2 keberangkatan. H-1 keberangkatan gw juga bakal ada ketemuan dan perpisahan sama alumni Tenri tahun2 lalu. Gw ketemuan di PVJ bandung, trus kenalan dan ngasih wejangan …senenng banget deh pokoknya karena walaupun baru pertama kali kenal udah kayak keluarga dekat aja..Tenri menyatukan kita.

Perjalanan menuju Jepang (the power of dream)


udah lama ga nulis nih...pengen nulis lagi...dan temen2 ada juga yang minta. nah kali ini gw mau berbagi cerita dan pengalaman gw.semoga bisa bermafaat dan bisa menginspirasi banyak orang.

nah beda dari biasanya...sekarang gw ga pake "saya" tapi pake "gw" biar lebih enak aja nulisnya.

sesuai judulnya,isi nya bakal bercerita bagaimana gw bisa ke jepang. kenapa jepang???gww juga ga tahu sih kenapa gw bisa cinta mati tuh sama jepang. sebab dulu ketika masih SMA, gw sama sekali ga pernah punya pikiran buat kesana (dulu pas nonton doraemon, si nobita nya tuh kan ga bisa kanji tuh,trus gw mikir...ngapain ke jepang kayaknya susah banget deh, si nobita yang asli jepang aja ga bisa tuh sama kanji).kayaknya gw salah ngambil perbandingan harus nya bukan sama nobita ya....!!

Nah waktu gw kelas 3 SMA ketika mau deket2 UAN, pernah datang orang dari INGG (Indonesia Nihon Go Gakuen),salah satu lembaga pengajar bahasa jepang, ke sekolah gw, ke kelas 3 IPA 2. tapi waktu itu gw kelas 3 IPA 1.jadi gw dapet info dari temen 3 IPA 2. temen gw ngasih info,katanya orang INGG itu bilang kalau nanti lulus SMA kita bisa apply beasiswa jepang yang nama nya Monbukagakusho dengan syarat2 tertentu.

karena tertarik dengernya,gw hari itu langsung ke pustaka buat nyari info ttg beasiswa itu..gw ga tahu sih nyari nya dimana yang jelas masuk ke pustaka dulu aja..tapi ga tahu kenapa tiba2 gw nemu buku yang judulnya "Beasiswa Pemerintah Jepang (monbukagakusho)". gw langsung ngucap Alhamdulillah donk soalnya kayak dimudahin gitu nemuin bukunya yang pada mulanya gw ga yakin buku itu ada di pustaka atau tidak. Nah dari buku itu, gw pelajarilah dan gw putusin kalau dah selesai UAN gw bakal ikut tes beasiswa Jepang ini.
(info : beasiswa jepang ini juga bisa dibaca postingan gw http://arahha-sensei1204.blogspot.com/search/label/Boku%20no%20Japan

Tes nya sih masih 2 bulan lagi dan gw juga belum UAN..jadi sambil nyiapin UAN,gw coba2 belajar bahasa jepang (lebih tepat nya huruf jepang, hiragana dan katakana) karena kebetulan kakak gw lagi ngambil bahasa jepang di LPK (lembaga pelatihan keterampilan) sehingga gw waktu itu dah nguasaiin lah cara nulis huruf jepang itu.

Hari UAN pun datang, tes beasiswa jepang pun siap menunggu. Setelah hasil UAN keluar,gw mendaftar dengan ngirimin dokumen2 hasil UAN ke Konsulat Jenderal Jepang di Medan. beberapa hari kemudian gw dapat panggilan dari konsulat kalau gw itu lolos dokumen dan dipanggil buat ujian tertulis di Medan.

Singkat cerita gw pergi ke Medan buat ujian dan bagi yang lolos ujian ini bakal ditelpon untuk ngikutin ujian selanjutnya...tapi rejeki belum ditangan, gw ga dapet panggilan berarti gw ga lolos. ya udah, impian dan kesmpatan gw ke jepang waktu itu dah hilang, mungkin emang bukan rejeki, belajar bahasa Jepang nya gw hentiin, akhirnya gw ikut SPMB dan mutusin buat milih FK UNPAD dan bakal ngejalanin ini.

Alhamdulillah gw lulus SPMB dan diterima di FK UNPAD, saat itu gw fokus sama FK ini dan ga mikirin Jepang lagi, tapi kira2 di pertengahan semester pertama gw tahun I, ada pengumuman di pakom bakal ada presentasi ttg perjalanan ke Jepang oleh "Delegasi FK UNPAD yang ke Gunma University,Jepang". gw mikir, ini apalgi nih kok ada jepang2 nya, ya udah gw ikut aja tuh acara presentasi dan dari sana gw tahu ternyata FK UNPAD punya kerjasama dengan FK GUNMA. Nah gw pikir ini kayaknya "tanda" nih dari sang Khalik (lebay mode : On),tanda bahwa masih ada kesempatan buat ngejar impian gw ke Jepang yang sempat tertunda jadi hari itu gw putusin gw bakal ikut les bahasa Jepang dan tahun ke IV gw harus ikut program GUNMA ini, dan tiap tahun gw ga pernah ngelewatin presentasi delegasi yang ke gunma (pas gw tahun I ada kang eko dkk, gw tahun II ada kang kian dkk, gw tahun III ada kang yogi dkk) dan gw bermimpi untuk presentasi berikutnya gw harus menjadi salah satu darinya.

Ketika mau akhir2 semester II di tahun ke III, gw liat pengumuman di SBK kalau ada kesempatan buat Student Exchange ke Rikkyo University, Jepang selama setahun. gw mikir ini kesempatan baru lagi nih buat ngewujudin impian ke Jepang tapi konsekuensi nya adalah gw harus nunda study gww di FK jadi tamatnya bakal lebih lama. tapi demi ngejar cita2 ke jepang, gw putusin buat ikut seleksi ini..

Alhamdulillah dalam seleksi ini gw juga dimudahin karena bisa ikut seleksi sampai seleksi yang terakhir (seleksi nya ada 3 kali : wawancara, presentasi semuanya dalam bahasa Inggris dan tahap akhir ada persembahan kebudayaan gitu). di seleksi terakhir tersisa 6 orang dan gw salah satu diantaranya tapi ntar yang diambil cuma 1 orang. Pengumuman hasilnya akan dikasih tahu beberapa hari setelah seleksi terakhir ini jadi yang ditelpon berarti dia yang lolos. dan wajar kalau dalam keadaan ini, pikiran dah harap2 cemas antara di terima atau tidak.selesai seleksi terakhir ini, kita juga dikasih tahu kalau habis Rikkyo ini juga ada Exchange ke Tenri University,Jepang jadi bagi yang ga lolos bisa nyoba lagi.

Kebetulan sekali pengumumannya itu bertepatan dengan gw ujian sistem HIS (Hematology dan Immune System) dan pada saat ngerjain ujian gw dah ga fokos, yang gw pikirin kenapa gw belum dihubungi juga ya...apa gw ga lolos. setelah selesai ujian,gw sms lah salah satu dari 6 orang trus dia bilang kalau hasilnya dah ada dan yang lolos adalah Rima, dari fakultas sastra Jepang. Mendengar itu tentu gw langsung sedih dan sedikit kecewa...lagi2 ga kesampean impian gw ke jepang.

Kan masih ada tuh exchange ke TENRI, tapi gw sempet ga mau ngambil karena sempat putus asa sih..gw mutusin buat ngejar yang GUNMA aja..tapi gw mikir2 lagi ga ada gunanya putus asa dan ga ada salahnya kalau nyoba lagi..akhirnya gw daftar lagi buat yang tenri itu...dan Alhamdulillah juga sampai seleksi tahap akhir. lagi2 dibuat harap2 cemas nunggu hasilnya...setiap ada yang sms/ada yang nelpom/hp bergetar pasti langsung ngarep kalau yang nelpon itu pihak Unpad. tpi udah 2 hari pengumuman juga belum dikasih tahu....Ya Allah kapan nih hasilnya dikasih tahu...gw smsin yang lain, mereka juga bilang belum dihubungin berarti emamng belum ada hasilnya...

Nah ketika gw lagi tutorial gw masih inget hari rabu jam 10 waktu itu,hp gw getar ada yang nelpon trus gw liat dan yang nelpon adalah pihak unpad,gw jawab lah dan ternyata emang benar yang nelpon adalah pihak unpad dan mau ngasih tahu kalau gw berhasil sebagai delegasi unpad yang pertama untuk ngikutin Student Exchange Tenri University (yang diterima ada 2 orang).
langsung Alhmdulillah yang terucap karena bersyukur impian dan cita2 gw ke jepang selama beberapa tahun ini akhirnya ada jawabnya dan sekarang gw lagi berada di negeri sakura yang gw kagumin sejak lama....ALHAMDULILLAH ya ALLAH.....



akhirnya gw dapet pelajaran kalau emang punya impian terus lah kejar dan jangan pernah putus asa jadi bagi yang belum bisa menggapai mimpinya teruslah berusaha mengejar nya karena "Sesuatu akan datang pada waktunya".

sekali lagi tulisan ini ditulis bukan untuk pamer tapi semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi..

AMEA = my anAMnEsA


Sebelumnya mau jelasin dulu nih tentg AMEA, singkatannya Asian Medical Education Association....sesuai namanya ya organisasi kedokteran yang ngebahas pendidikan kedokteran di Asia khususnya. kalau mau tahu lengkap tentang AMEA search aja di Google....(cie...promosi nih...).

Ketika ada pengumuman tentang AMEA yang UNPAD Bandung (universitas gw nih...) mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumahnya, saya langsung tertarik untuk ikut serta walaupan kata AMEA itu baru pertama kali saya dengar, karena eventnya besar.secara internasional gitu.ternyata ga hanya ngumumin kalau acaranya bakal diadain di Unpad,tapi pihak fakultas juga butuh panitia ada LO (liasion officer), PROTOKOLER, dan MC dengan syarat harus lulus dulu wawancara dalam bahasa Inggris.

Dengan harapan bisa bertemu orang bule (baca : asing) akhirnya saya daftar seleksinya dan milih bagian LO karena LO lah yang bakal paling banyak interksinya dengan orang bule,sekalian nambah relasi sama orang bule gitu, tapi ketika hasil wawancara udah diumumin, saya lihat saya terpilih sebagai panitia protokoler, lho..........kok bisa..... mencoba ingat pertanyaan saat wawancara,kayaknya saya ga diterima di LO karena ga terlalu tahu tentang Bandung, secara orang bule ke sini,ya pasti ingin jalan2 lah yau....tapi walau ga diterima sebagai LO ya biarlah yang penting bisa terlibat di AMEA, si acara Internasional.

Saya sebenarnya ga tahu apa tugas protokoler. saya tanya temen,npada ga tahu juga, tapi setelah ikut meeting untuk persiapan dan briefing akhirnya saya tahu kalau protokoler itu tugasnya yang menjaga ketertiban dan kelancaran acara.



Tugasnya simple aja sih,yaitu harus tahu kalau ditanya seluk beluk tempat acara dan harus menyuguhkan pertanyaan ketika peserta baru memasuki pintu masuk :
"Selamat pagi.....ada yang bisa dibantu?.....bapak peserta atau undangan?.....apa sudah melakukan registrasi?....kalau belum,silahkan ke meja sebelah sana.....kalau sudah,silahkan ke meja yang sebelah sana...bapak mau ke acara yang mana?.....oo..kalau paper presentasi ke ruang jovo,jadi bapak jalan lurus dulu trus belok kiri, ntar bakal ada nama ruangannya....kalau ga,bapak bisa tanya ke panitia di sana..."



trus saya pikir2, o iya....saya melakukan anAMnEsA pertama kali yang komplit sambil "diagnosis" ini siapa dan mau apa....dan bla...bla.... lah.

Ga banyak juga sih tugas protokoler, palingan sebelum acara mulai agak sibuk tapi setelah acara mulai dan pesertanya masuk ruangan....saya jadi ganggur deh....
daripada bengong2 doank....mondar mandir deh di lantai 3 hotel HILTON (acara AMEA nya di hotel hilton.....mantap ga tuh???), ketemu lah teman2 saya yang aneh lainnya akhirnya kami pun buat "Idiot Club" (kalau ngumpul ga ada esensinya kecuali ketawa mulu,aneh deh pembica raannya) seketika itu tanpa merumuskan AD dan ART nya (ya...iyalah,emang idiot nih) sambil standing party ada yang makan pizza,teman lainnya makan pudding, makan yang enak2 pokoknya secara hotel hilton gitu lho.... (sombong nih.....).

satu lagi mana nih anggota "idiot club" nya........tapi yang jelas ikut AMEA ini benar bermanfaat dalam MEMBUKA WAWASAN

Indonesia-ku malang karena Budi (ga jadi) bermain bola

"Bom guncang Jakarta","Bom diracik di Kamar 1808","Teror bom Kembali muncul"....ya itulah Headline yang banyak menghiasi surat kabar dan berita di Televisi akhir-akhir bulan Juli 2009 ini.Betapa terhenyaknya kita ketika mendengar hotel JW marriot kembali luluh lantak akibat bom yang terjadi sekitar pukul 07.45 WIB yang disusul hotel Ritz Carlton 2 menit setelahnya. Akibat peristiwa naas ini,dikabarkan 9 orang telah meninggal dunia dan puluhan korban lainnmya sedang mendapat perawatan.


Entah siapa pelakunya,entah apa motifnya, entah apa tujuannya masih menjadi misteri karena sampai sekarang ini polisi masih berusah untuk mengungkapnya. Yang jelas siapa pun pelakunya,kita semua sungguh sangat mengutuk tindakan bom bunuh diri ini.
Siapa yang bisa menyangka ini bisa terjadi. Indonesia ,yang saat ini sedang membangun ekonominya, membangun kepercayaan Internasional terhadap keindahan pariwisatanya yang masih banyak belum diexposed,kembali diuji oleh Sang Maha Kuasa (semoga ini bukan hukuman dan memang ujian yang bisa membuat bangsa kita menjadi bangsa yang lebih kuat.....AMIN...)

Sungguh banyak dampak buruk dari peristiwa bom ini,harga saham terancam turun,adanya ancaman eksodus dari para wisatawan asing,travel warning yang diterbitkan oleh beberapa negara kepada Indonesia yang akhirnya membuat Indonesia harus bekerja ekstra untuk membuatnya kembali stabil.tapi satu hal yang sangat saya sesalkan adalah batalnya Budi bermain bola (salah satu iklan yang sering muncul menjelang kedatangan ManU....hehehehehe) kedatangan Manchester United ke Indonesia untuk melawan "indonesia All Star",suatu kempatan yang sangat sangat langka sekali (agak lebay sih...tapi kenyataan lho...). Ketika mendengar berita buruk ini bak mendengar suara petir di siang bolong (lebay lagi....) dan saya masih ga percaya dan seolah-olah ini mimpi-mimpi buruk yang tak kunjung selesai (aduh....lebay lagi nih).









Betapa terkutuknya pelaku bom ini,gara-gara nya banyak masyarakat Indonesia yang merasa kecewa terhadap batalnya kedatangan Man U ini dan merasa kecewa juga terhadap keamanan di Indonesia makanya wajar bila Man U melakukan pembatalan ini,ditambah lagi ketika presiden SBY mengatakan dalam pidatonya kalau dia (baca : SBY) menjadi sasaran tembak dari teroris.Sungguh sangat miris mendengarnya.Apakah di balik Indonesia yang kita rasa adem ayem,ada pihak-pihak yang ingin menghancurkan kesatuan Negara kita Indonesia.

Tapi inilah kenyataan pahit yang kita alami bahwa pada tanggal 17 Juli 2009 telah terjadi pemboman ndi 2 hotel,JW Marriott dan Ritz Carlton,kenyataan pahit juga bahwa Man U membatalkan kunjungannya ke Indonesia.

Dengan adanya peristiwa ini kita harus mengambil hikmahnya,kalau bencana datang kita tidak hanya berlarut-larut dalam kesedihan tetapi kita harus lebih proaktif menjaga keamanan negara kita ini....dan kita harapkan ini adalah "teror terakhir" yang tidak akan pernah terjadi lagi...AMIN....

dan katakan pada dunia kalau "KITA TIDAK TAKUT".



de javu Judicium (=Judicium para dokter bintang lima wanna be)



Hari ini tanggal 29 Juni 2009, peristiwa itu kembali terjadi, suatu peristiwa yang ditunggu-tunggu karena pada peristiwa ini akan ditunjukkan (InsyaAllah) semua usaha dan kerja keras yang telah dilakukan selama satu tahun ini. Ya......Judiciumlah namanya atau mungkin kita lebih akrab dengan istilah "pembagian rapor" waktu SMA dulu.

Malam sebelum hari judicium ini, nada dering HP saya pun kembali berbunyi setelah saya cek di inbox, ternyata isinya adalah tentang Judicium besok,dimana tertulis "seluruh peserta diharuskan berpakaian rapi, menggunakan almamater, rambut rapi, dan diharapkan sudah berkumpul jam 7.30 pagi di depan gedung A5 (jam 7.30,suatu waktu yang tidak terlalu pagi bagi kami karena memang sehari-harinya kami masuk kuliah jam 7.00 pagi,namun entah kenapa hari itu kok terasa terlalu pagi,mungkin karena hari-hari sebelumnya libur,habis sholat shubuh trus tidur lagi.....ups buka aib sendiri). Sebenarnya, saya sangsi (ragu) terhadap jadwal karena belajar dari tahun lalu,kami juga diminta berkumpul jam 7.00 tapi acaranya baru dilaksanakan jam 9.00 "Ini dilakukan biar kalian tidak telat" dalih dari seorang dokter yang memberikan pengarahan saat itu.

Keesokan harinya pun datang,jam 7.20 berangkat ke kampus dalam keadaan perut kosong (belum sarapan) karena khawatir kalau sarapan dulu ntar terlambat karena tinggla 10 menit lagi. Namun,setibanya di kampus,terlihat teman-teman sejawat masih sedikit ynag datang dan keraguan saya malam tadi pun ternyata betul. Akhirnya coba mengisi waktu dengan berbincang bersamaa teman-teman yang sudah punya banyak unek-unek tentang agenda yang akan dilakukan selama liburan panjang 2 bulan.

Jam pun menunjukkan pukul 9.00 pagi,akhirnya kami dipanggil berkelompok untuk memasuki ruang lecture untuk menerima pengarahan. Secara keseluruhan judicium tahun kedua ini hampir sama dengan Judicium tahun pertam makanya saya bilang seolah-olah de javu, tapi yang berbeda saat itu adalah ruanganya agak penuh sesak dibanding tahun lalu karena tahun ini,kami digabung dengan mahasiswa KPBI Malaysia (tahun lalu KPBI setelah kami selesai) sehingga tidak semua mahasiswa (baca : mahasiswi) dapat tempat duduk sehingga para lelaki jantan pun rela berdiri agar para perempuan betina bisa duduk (eh....ga cocok ya kata-katanya.....habisnya ada kata lelaki jantan...ya udah lawannya perempuan betina donk, betul tidak ??(Aa gym mode : ON).

Setelah diberikan pengarahan,disebutkan "Best of Student" dan kembali seperti tahun lalu,berhasil disabet oleh Erlina Subroto atau yang lebih dikenal dengan Do (re...mi....fa...sol...la...si...). Do pun diminta untuk ke depan dan ditanya oleh dokter tentnag tips belajarnya. Saya inget bener... bener..... bener ingat kalau pertnyaan dokter kepada Do persis banget dengan pertanyaan tahun lalu (berapa lam belajr,gimana cara belajar,dan sejenisnya lah ya).Jadi, karena pertanyaanya sama dengan tahun lalu, saya bahkan bisa nebak apa yang bakal selanjutnya ditanyakan oleh dokter.

Berikutnya kami pun diminta untuk memasuki ruangan masing-masing menunggu dosen wali (kalau di SMA kita dengan dengan Wali Kelas) untuk menerima "rapor" tahun kedua kami.

Banyak rgam respons yang saya lhat dari temen-temen satelah melihat hasilnya. Ada yang gembira karena hasil usahanya selama ini terbayar sudah, ada yang kecewa karena belum bisa memenuhi targetnya. Alhamdulillah saya termasuk orang=orang yang gembira menerima hasil ini karena dengan hasil ini saya bisa membanggkan orang tua.

Tapi sebenarnya tanggung jawab kami untuk menjadi dokter yang baik lebih besar dibanding tanggung jaab untuk memperoleh hasil ini. Saya mengharapkan saya sendiri dan tentunya teman-teman semua menjadikan hasil ini sebagai cambuk agar terus lebih berusaha dengan baik untuk pasien-pasien kita nantinya.

Saya pun teringat dengan impian kami bersama yang diikrarkan saat OSPEK dulu "Menjadi dokter bintang lima" amin....
Teman-teman mari terus bersemangat,ALLAH ada di sisi kita.
Mari buktikan kalau kita layak menjadi dokter bintang lima.

Jam gadang-ku dan Big Ben "kakak beradik"



Pernah kah teman semua mendengar kata "Jam Gadang"????Jam gadang merupakan salah satu dari banyak objek wisata sekaligus sebagai "landmark" kota Bukittinggi yang terletak di propinsi Sumatra Barat (...tanah tercinta).

Kira-kira 20 menit naik mobil pelita dari rumah saya trus ganti angkot ke pasa ateh (pasar atas) sampailah kita di kompleks Jam Gadang yang selalu dipenuhi oleh pengunjung baik yang dari luar kota maupun yang dari masyarakat setempat. Di sana kita akan mudah membedakan mana pengunjung yang berasal dari luar kota dengan pengunjung yang berasal dari kota Bukittinggi dan sekitarnya. Para pengunjung dari luar kota biasanya akan menggunakan Jam Gadang sebagai background untuk gaya-gayanya yang unik yang akan diabadikan melalui kamera,sedangkan orang setempat jarang yang seperti itu mungkin karena udah keseringan ngelihatnya kali ya...

Sama juga ketika bulan Oktober 2008 lalu,waktu saya dan teman-teman dari bandung berwisata ke sana,saya tidak seperti teman lain yang sangat antusias bergaya untuk foto di depan Jam Gadang, tapi walaupun begitu,tetap....Jam Gadang ada di hati saya,Minang kebanggaan saya.

Nah berikut ini ada informasi yang saya mau bagi kepada teman semua untuk yang berminat menikmati suasana
Jam Gadang(...sambil promosi neh).

LOE TAHU GA SIH????

BUKITTINGGI punya Jam Gadang. London punya Big Ben. Nama yang hampir mirip ini ternyata bukanlah kebetulan lantaran jam di dua kota itu sama berukuran besar, dan sama terletak di sebuah menara. Tapi keduanya ternyata memang "badunsanak". Mesin jam buatan tahun 1926 itu adalah produksi dari pabrik yang sama. Dan menurut sejarah, jam besar itu dibuat pabriknya hanya dua buah saja. Satu untuk Bukittinggi, dan satu lagi buat London. Jam Gadang telah puluhan tahun menjadi ciri khas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Jam setinggi 26 meter itu berdiri kokoh di atas puncak Bukit Kandang Kabau di pusat Kota Bukittinggi. Puncak bukit tidak terlihat lagi karena tertutup beragam bentuk bangunan. Kerajaan Belanda membangun Jam Gadang pada 1926 dengan biaya sekitar 3.000 gulden. Jam ini dibuat sebagai hadiah dari ratu belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota). Dua putra pribumi, Yazid dan Sutan Gigi Ameh ditunjuk sebagai arsitek bangunan berlantai empat tersebut. Mesin jam manual yang dibuat khusus oleh Recklinghausen itu terletak di lantai atas. Pria Jerman tersebut hanya membuat dua mesin sebesar itu. Kembarannya kini terpasang di Menara Big Ben, London, Inggris. Untuk menjaga keakuratan, penjaga harus memutar roda gigi jam setiap pekan. Setiap 30 menit terdengar sekali dentang dari lonceng di atap menara. Lonceng juga berbunyi setiap kali jam bertambah.Penduduk Bukittinggi biasa menjadikan Jam Gadang sebagai panduan waktu karena dentangan loncengnya terdengar dari jarak yang jauh. Ukuran diameter dari jam ini adalah 80 cm dengan denah dasar 13x4 m sedangkan tingginya 26m. Ada keunikan dari angka-angka romawi pada jam gadang ini. Bila penulisan huruf romawi biasanya pada angka enam adalah VI, angka tujuh adalah VII, angka delapan adalah VIII, Jam Gadang ini menuliskan angka empat denga simbol IIII (umumnya sih IV).



Selama berdiri atap menara Jam Gadang telah tiga kali berubah bentuk. Di zaman penjajahan Belanda, atap itu berbentuk bulat dengan patung ayam jantan di atasnya sebagai simbol jam yang berfungsi membangunkan orang di pagi hari. Atapnya berubah seperti kelenteng ketika Jepang menduduki Indonesia sebagai lambang arsitektur Jepang. Begitu Indonesia memproklamirkan kemerdekaan, atap Jam Gadang berbentuk seperti tanduk kerbau sebagai lambang kebudayaan Minangkabau di Sumatra Barat.


Nuansa Ranah Minang itu bertahan hingga kini. Tidak banyak masyarakat yang mengetahui bagian dalam Jam Gadang karena Pemerintah Kota Bukittinggi melarang pengunjung menaiki menara. Saat ini menara Jam Gadang menjadi pos satuan pengamanan. That's all..........semoga tertarik berwisata ke Jam Gadang,Bukittingi

kisah sedihku di hari libur part.2

Kebetulan saat itu ada keluarga yang sedang mengunjungi,lalu dia nanya kenapa,ya saya ceritain lah semuanya,trus dia bilang ke saya untuk berbaring dan tekuk kaki kiri,dia nanya sakit ga,saya bilang ga,trus selanjutnya tekuk kaki kanan,dia nanya lagi sakit ga,saya bilang sakit.Dia bilang ini mungkin gejala radang usus buntu karena sebelumnya kakak laki-lakinya juga pernah kena radang usus buntu dan menunjukkan gejala yang sama.

Lalu sekitar jam 4 sore nya,saya dibawa dalam keadaan yang masih memprihatinkan ke spesialis penyakit dalam,setelah diperiksa ternyata memang benar saya mengalami radang usus buntu akut dan dokternya bilang harus dioperasi malam ini.

Akhirnya setelah 6 jam tidak makan dan minum (ini syarat operasinya),sekitar jam 9.30 malam saya dibawa ke ruang operasi dan dibius total sehingga saya ga tahu apa yang dilakukan ke badan saya. Setelah selesai operasinya dan karena masih ada efek obat biusnya,saya bisa mendengar suara keluarga saya yang sedang berbincang saat itu namun tidak bisa membuka mata karena terasa berat.Jam 10 pagi baru saya bisa buka mata dan sadar secara umum (Compos Mentis) dan dokternya bilang saya belum boleh makan atau minum jika belum buang angin (...ah ga enak ah kalau bilang kentut lagi),itu lah momen pertama kali di hidup saya mengharapkan agar angin nya cepat keluar (.....sehari-harinya mah keluar spontan aja......hahahaha).

Setelah dioperasi rasa sakit pun akhirnya hilang dan saya bisa tersenyum lagi,ini juga salah satu sebab saya mau masuk fakultas kedokteran karena dokter itu "Bisa Mengembalikan Senyuman dari orang-orang yang kehilangan senyumnya akibat menahan rasa sakit".Paginya dokter menemui saya,trus dokternya nanya,ini udah berapa lama sakitnya ditahan-tahan coz ukuran usus buntu saya yang mengalami radang udah terlalu besar bahkan hampir perforasi.Saya heran juga trus saya bilang selama satu tahun di Bandung (saya kuliah di UNPAD) ga pernah saya ngeluhin sakit perut,tapi kalau selama SMA sih emang pernah,sakitnya hilang-hilang timbul gitu (jadi saran saya kepada temen-temen semua untuk berhati-hati dalam memilih makanan dan juga jaga kesehatan karena munculnya pun secara tiba-tiba).Seminggu saya di rumah sakit,akhirnya besoknya saya udah dibolehin pulang.

Tragisnya lagi 3 hari setelah balik ke rumah,saya lihat di bagian jahitan perut ada yang membengkak,saya curiga ada infeksi,trus saya sentuh bagian itu,lalu keluar lah darah campur nanah (maaf.... kalau ada yang merasa jijik) ,sehingga saya dibawa lagi ke rumah sakit dan terpaksa jahitan di perut harus dibuka dan dimasukkan tampon untuk nyerap darah.Proses penyembuhannya pun memakan waktu kira-kira 2 bulan untuk membuat bagian perut yang terbuka tadi untuk bertaut kembali.Sebenarnya jika ga ada infeksi,penyembuhannya paling-paling sekitar 10 hari,tapi karena ada infeksi,ya.....terpaksa deh.

Karena ini lah semua rencana liburan saya tahun lalu gagal dilaksanakan dan liburan sekarang rencana saya ga boleh gagal lagi.AMIN.........



kisah sedihku di hari libur part.1


Sekarang tanggal 17 juni 2009,sebentar lagi judicium tahun kedua nih tanggal 29 juni.Mengisi liburan tak banyak yang saya lakukan,palingan nonton dorama favorit yang sempat tertunda karena menghadapi ujian akhir semester.

Menjelang libur 2 bulan setelah judicium,saya teringat akan masa liburan tahun pertama saya yang menurut agak sedikit tragis karena telah banyak rencana-rencana yang dibuat misal ketemuan sama temen-temen SMA dan berpergian ke tempat yang enak,tapi rencana inipun terpaksa gagal dan saya pun akhirnya hanya liburan di rumah selama 2 bulan itu dan tidak bisa pergi ke tempat yang sebelumnya telah direncanakan,ini dikarenakan saya harus menjalani operasi appendix (usus buntu).

Ini dimulai ketika sudah satu minggu saya berada di rumah,pagi-pagi jam 10 perut saya merasa ga enak,awalnya sih bisa ditahan tapi lama kelamaan tambah ga enak.Saya pun mencoba tidur dengan harapan sakitnya biar ga kerasa....eh tapi saking sakitnya malah ga bisa tidurnya dan pada akhirnya saya muntah setelah itu saya mencoba menenangkan diri tidak lama kemudian muntah lagi,sehingga karena seringnya muntah,yang keluar itu hanya air saja.dan gara gara muntah itu saya jadi lemes sekali.

lalu dipanggillah "orang pintar" ke rumah saya dan dia ngasih minuman yang telah dicampur dengan bawang merah,lengkuas,dan bumbu masak lainnya (ye.....emangnya gue mau dimasak,dikasih gituan dan sebagai mahasiswa kedokteran,sebenarnya saya agak menolak obat-obatan kayak gituan, belum jelas pharmachological properties nya seperti class,MOA,indication,edverse effect,and whatever lah ya tapi pada kondisi itu saya sangat lemes dan akan menerima segala bantuan yang datang), tapi obat itu pun juga ga mempan bahkan setelah saya meminumnya saya muntah lagi.

Akhirnya saya pun dibawa ke tempat praktek dokter umum,lalu ditanya keluhan utama saya,saya bilang sakit perut disertai muntah-muntah tanpa diketahui penyebabnya,trus saya diperiksa dengan stetoskop,ditempelkan ke bagian kiri perut sedikit dibawah lekukan tulang iga terakhir(.....????) untuk mendengarkan gerakan peristaltik usus.lalu setelah pemeriksaan yang singkat ini,dokternya bilang ini adalah gejala maag.Sebenarnya saya kurang puas,masa' pemeriksaaannya itu doank,seharusnya dokter itu menanyakan "seven secrets anamnesis" (anak kedokteran pasti tahu itu apa),di tempat praktek dokter ini pun saya muntah lagi.

Dua hari setelah minum obat yang diberi dokter,sakit perutnya memang agak redaan,tapi di bagian kanan bawah saya terasa mengeras yang membuat saya harus bungkuk kalau berjalan dan lebih parahnya pada hari ketiga,saya malah ga bisa ngangkat kaki,jadi kalalu berjalan kaki harus diseret (bener-bener tersiksa deh....),keluarga saya bilang itu mungkin angin yang terkurung jadi nunggu "kentut" aja,karena memang 5 hari setelah sakit perut ini,saya ga pernah BAB.sebenarnya saya curiga jangan-jangan gejala radang usus buntu (appendicitis) karena memang secara anatomi appendix ada di bagian kanan bawah perut,tapi saya berdoa mudah-mudahan bukan appendicitis.

Trusssss..............selanjut nya baca part 2