RSS

Perjalanan menuju Jepang (the power of dream)


udah lama ga nulis nih...pengen nulis lagi...dan temen2 ada juga yang minta. nah kali ini gw mau berbagi cerita dan pengalaman gw.semoga bisa bermafaat dan bisa menginspirasi banyak orang.

nah beda dari biasanya...sekarang gw ga pake "saya" tapi pake "gw" biar lebih enak aja nulisnya.

sesuai judulnya,isi nya bakal bercerita bagaimana gw bisa ke jepang. kenapa jepang???gww juga ga tahu sih kenapa gw bisa cinta mati tuh sama jepang. sebab dulu ketika masih SMA, gw sama sekali ga pernah punya pikiran buat kesana (dulu pas nonton doraemon, si nobita nya tuh kan ga bisa kanji tuh,trus gw mikir...ngapain ke jepang kayaknya susah banget deh, si nobita yang asli jepang aja ga bisa tuh sama kanji).kayaknya gw salah ngambil perbandingan harus nya bukan sama nobita ya....!!

Nah waktu gw kelas 3 SMA ketika mau deket2 UAN, pernah datang orang dari INGG (Indonesia Nihon Go Gakuen),salah satu lembaga pengajar bahasa jepang, ke sekolah gw, ke kelas 3 IPA 2. tapi waktu itu gw kelas 3 IPA 1.jadi gw dapet info dari temen 3 IPA 2. temen gw ngasih info,katanya orang INGG itu bilang kalau nanti lulus SMA kita bisa apply beasiswa jepang yang nama nya Monbukagakusho dengan syarat2 tertentu.

karena tertarik dengernya,gw hari itu langsung ke pustaka buat nyari info ttg beasiswa itu..gw ga tahu sih nyari nya dimana yang jelas masuk ke pustaka dulu aja..tapi ga tahu kenapa tiba2 gw nemu buku yang judulnya "Beasiswa Pemerintah Jepang (monbukagakusho)". gw langsung ngucap Alhamdulillah donk soalnya kayak dimudahin gitu nemuin bukunya yang pada mulanya gw ga yakin buku itu ada di pustaka atau tidak. Nah dari buku itu, gw pelajarilah dan gw putusin kalau dah selesai UAN gw bakal ikut tes beasiswa Jepang ini.
(info : beasiswa jepang ini juga bisa dibaca postingan gw http://arahha-sensei1204.blogspot.com/search/label/Boku%20no%20Japan

Tes nya sih masih 2 bulan lagi dan gw juga belum UAN..jadi sambil nyiapin UAN,gw coba2 belajar bahasa jepang (lebih tepat nya huruf jepang, hiragana dan katakana) karena kebetulan kakak gw lagi ngambil bahasa jepang di LPK (lembaga pelatihan keterampilan) sehingga gw waktu itu dah nguasaiin lah cara nulis huruf jepang itu.

Hari UAN pun datang, tes beasiswa jepang pun siap menunggu. Setelah hasil UAN keluar,gw mendaftar dengan ngirimin dokumen2 hasil UAN ke Konsulat Jenderal Jepang di Medan. beberapa hari kemudian gw dapat panggilan dari konsulat kalau gw itu lolos dokumen dan dipanggil buat ujian tertulis di Medan.

Singkat cerita gw pergi ke Medan buat ujian dan bagi yang lolos ujian ini bakal ditelpon untuk ngikutin ujian selanjutnya...tapi rejeki belum ditangan, gw ga dapet panggilan berarti gw ga lolos. ya udah, impian dan kesmpatan gw ke jepang waktu itu dah hilang, mungkin emang bukan rejeki, belajar bahasa Jepang nya gw hentiin, akhirnya gw ikut SPMB dan mutusin buat milih FK UNPAD dan bakal ngejalanin ini.

Alhamdulillah gw lulus SPMB dan diterima di FK UNPAD, saat itu gw fokus sama FK ini dan ga mikirin Jepang lagi, tapi kira2 di pertengahan semester pertama gw tahun I, ada pengumuman di pakom bakal ada presentasi ttg perjalanan ke Jepang oleh "Delegasi FK UNPAD yang ke Gunma University,Jepang". gw mikir, ini apalgi nih kok ada jepang2 nya, ya udah gw ikut aja tuh acara presentasi dan dari sana gw tahu ternyata FK UNPAD punya kerjasama dengan FK GUNMA. Nah gw pikir ini kayaknya "tanda" nih dari sang Khalik (lebay mode : On),tanda bahwa masih ada kesempatan buat ngejar impian gw ke Jepang yang sempat tertunda jadi hari itu gw putusin gw bakal ikut les bahasa Jepang dan tahun ke IV gw harus ikut program GUNMA ini, dan tiap tahun gw ga pernah ngelewatin presentasi delegasi yang ke gunma (pas gw tahun I ada kang eko dkk, gw tahun II ada kang kian dkk, gw tahun III ada kang yogi dkk) dan gw bermimpi untuk presentasi berikutnya gw harus menjadi salah satu darinya.

Ketika mau akhir2 semester II di tahun ke III, gw liat pengumuman di SBK kalau ada kesempatan buat Student Exchange ke Rikkyo University, Jepang selama setahun. gw mikir ini kesempatan baru lagi nih buat ngewujudin impian ke Jepang tapi konsekuensi nya adalah gw harus nunda study gww di FK jadi tamatnya bakal lebih lama. tapi demi ngejar cita2 ke jepang, gw putusin buat ikut seleksi ini..

Alhamdulillah dalam seleksi ini gw juga dimudahin karena bisa ikut seleksi sampai seleksi yang terakhir (seleksi nya ada 3 kali : wawancara, presentasi semuanya dalam bahasa Inggris dan tahap akhir ada persembahan kebudayaan gitu). di seleksi terakhir tersisa 6 orang dan gw salah satu diantaranya tapi ntar yang diambil cuma 1 orang. Pengumuman hasilnya akan dikasih tahu beberapa hari setelah seleksi terakhir ini jadi yang ditelpon berarti dia yang lolos. dan wajar kalau dalam keadaan ini, pikiran dah harap2 cemas antara di terima atau tidak.selesai seleksi terakhir ini, kita juga dikasih tahu kalau habis Rikkyo ini juga ada Exchange ke Tenri University,Jepang jadi bagi yang ga lolos bisa nyoba lagi.

Kebetulan sekali pengumumannya itu bertepatan dengan gw ujian sistem HIS (Hematology dan Immune System) dan pada saat ngerjain ujian gw dah ga fokos, yang gw pikirin kenapa gw belum dihubungi juga ya...apa gw ga lolos. setelah selesai ujian,gw sms lah salah satu dari 6 orang trus dia bilang kalau hasilnya dah ada dan yang lolos adalah Rima, dari fakultas sastra Jepang. Mendengar itu tentu gw langsung sedih dan sedikit kecewa...lagi2 ga kesampean impian gw ke jepang.

Kan masih ada tuh exchange ke TENRI, tapi gw sempet ga mau ngambil karena sempat putus asa sih..gw mutusin buat ngejar yang GUNMA aja..tapi gw mikir2 lagi ga ada gunanya putus asa dan ga ada salahnya kalau nyoba lagi..akhirnya gw daftar lagi buat yang tenri itu...dan Alhamdulillah juga sampai seleksi tahap akhir. lagi2 dibuat harap2 cemas nunggu hasilnya...setiap ada yang sms/ada yang nelpom/hp bergetar pasti langsung ngarep kalau yang nelpon itu pihak Unpad. tpi udah 2 hari pengumuman juga belum dikasih tahu....Ya Allah kapan nih hasilnya dikasih tahu...gw smsin yang lain, mereka juga bilang belum dihubungin berarti emamng belum ada hasilnya...

Nah ketika gw lagi tutorial gw masih inget hari rabu jam 10 waktu itu,hp gw getar ada yang nelpon trus gw liat dan yang nelpon adalah pihak unpad,gw jawab lah dan ternyata emang benar yang nelpon adalah pihak unpad dan mau ngasih tahu kalau gw berhasil sebagai delegasi unpad yang pertama untuk ngikutin Student Exchange Tenri University (yang diterima ada 2 orang).
langsung Alhmdulillah yang terucap karena bersyukur impian dan cita2 gw ke jepang selama beberapa tahun ini akhirnya ada jawabnya dan sekarang gw lagi berada di negeri sakura yang gw kagumin sejak lama....ALHAMDULILLAH ya ALLAH.....



akhirnya gw dapet pelajaran kalau emang punya impian terus lah kejar dan jangan pernah putus asa jadi bagi yang belum bisa menggapai mimpinya teruslah berusaha mengejar nya karena "Sesuatu akan datang pada waktunya".

sekali lagi tulisan ini ditulis bukan untuk pamer tapi semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi..

12 komentar:

Unknown mengatakan...

ooohh,
postingnya bikin saia inget mimpi2 saia!!
okelah
maksih ceritanya mas!
saia akan berusaha debut manga saia di jepang!!
terima kasih mas!!

Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami mengatakan...

waaaaa...jepanggg....mau donkk..
jepang adalah negara ke dua yang ingin saya kunjungi hehehe..walau masi berangan-angan,,,
tapi pengen banget...

Obat Herbal Darah Tinggi mengatakan...

hmmm jadi pengen ke jepang gan..
tapi kayanya gk mungkin ya :"( hiks hiks jadi sedih

terima kasih ya mas :)

Anonim mengatakan...

salut sekali...pantang menyerah y...

Obat Herbal Darah Tinggi mengatakan...

wah wah seru banget gan bisa jalan-jalan ke jepang..
jadi kepengen gan :)

Anonim mengatakan...

thanks mas, posting tulisannya yg benar- benar menginspirasi... tadinya saya cuman iseng buka blog ini karena saya lagi cari- cari inspirasi buat mengalanjutin cerpen yang udah setengah jalan... dan pas baca posting ini, saya jd bangkit lagi buat nerusin mimpi-mimpi saya sesuai dgn cerpen- cerpen yg udah saya tulis ^_^
hehe, jad curhat...

khamsahabnida

Obat Alami Liver mengatakan...

jadi pengen deh jalan jalan ke jepang..

Hayati Nufus mengatakan...

mantap gan info nya..

obat alami penyakit gondok mengatakan...

wah gan itu impian saya tuh , saya pengen banget ke jepang .
semoga ja saya juga bisa ke jepang kaya mas

obat almai maag mengatakan...

selamat ya mas , keren banget tuh bisa ke jepang .
sukses trus ya mas .

jus manggis xamthone mengatakan...

Jepang...Nippon...Sakura....

Obat tradisional radang telinga mengatakan...

siptt dchh gann :)

Posting Komentar